bisnis modal kecil

Menunya pun sederhana dan tidak butuh waktu lama untuk mengolahnya. Bubur ayam, nasi uduk, nasi kuning, dan gorengan, ditambah kopi sebagai pelengkap adalah menu sederhana yang punya nilai jual tinggi.

Selain itu, Anda juga bisa mencari niche yang masih belum banyak digarap oleh pebisnis lain. Alasannya, bisnis pribadi memang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Faktanya, hampir 54% pebisnis pribadi mengaku pendapatannya meningkat. MLM atau Multi Level Marketing adalah metode pemasaran terkini yang diharapkan bisa menghemat biaya pemasaran.

Untuk memulai bisnis ini pun tidak diperlukan modal yang besar. Misalnya, Nikasius Dirgahayu hanya butuh Rp. 2 juta saja ketika membangun Nick The Barbership.

Mengawali usaha dari menjual produk orang lain, ia merasa mutu bahan dari supplier-nya kurang berkualitas. Maka, ia berinisiatif untuk menciptakan produknya sendiri demi menjamin kepuasan pelanggannya. Seorang wedding organizer lain bernama Yupitirani menggunakan modal Rp3 juta untuk memulai bisnis ini. Saat itu sebagai sopir mobil rental, ia menemukan peluang usaha bahwa masyarakat menginginkan seorang sopir yang berpenampilan baik dan berwawasan luas. Menggunakan Twitter, ia mulai mempromosikan “jasa sewa driver good looking”. Solusi untuk hal ini adalah melakukan riset pasar atas peluang usaha yang ingin Anda jalankan.

Modal tersebut digunakan untuk membeli perlengkapan potong rambut, perabotan pendukung dan biaya promosi awal. Begitulah pesan yang bisa diambil dari I Nyoman Gede Sumaartha, seorang pengusaha kerajinan tangan asal Bali.

bisnis modal kecil

Banyak usaha yang dijalankan dengan model MLM, dan seiring dengan perkembangan teknologi, model MLM ini bisa dijalankan secara online. Anda tak perlu khawatir dengan modal karena modal yang perlu dipersiapkan juga relatif kecil.

Yang perlu dibeli antara lain hanyalah template yang harganya sekitar Rp300 ribuan. Jika bisa membuat dan mendesain sendiri, maka bisnis ini bisa dibilang nyaris tanpa modal. Banyak orang yang berpikir instan dengan membeli trafficke penyedia layanan jasa traffic. Pengunjung yang datang dari jasa ini bukanlah manusia, tapi fake trafficyang tidak memberikan keuntungan apapun bagi pemilik website. Anda bisa memanfaatkan halaman depan rumah Anda untuk menjual makanan tersebut.